Kamis, 01 September 2016

Pertengahan Agustus, Dana Asing Masuk RI Capai Rp 162 Triliun

Jakarta -Dana asing yang masuk ke Indonesia dari awal tahun hingga pertengahan Agustus 2016 mencapai Rp 162 triliun. Ini yang mendorong penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Demikian disampaikan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo dalam rapat kerja dengan Komisi XI di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (1/9/2016).

"Dari Januari-Agustus pertengahan 2016, dana yang masuk ke Indonesia mencapai Rp 162 triliun. Dibandingkan tahun lalu periode yang sama sebesar Rp 43 triliun, peningkatannya hampir empat kali lipat," jelasnya.

Kondisi ini didukung oleh persepsi investor yang positif terhadap perekonomian Indonesia. Khususnya setelah dimulainya program pengampunan pajak atau tax amnesty.

"Ini didukung persepsi positif investor terhadap perekonomian Indonesia," ujarnya.

Namun bukan berarti kondisi pasar keuangan tidak terlepas dari risiko. Ketika pernyataan dari Bank Sentral AS soal perekonomian yang mulai membaik dan mengindikasikan kenaikan suku bunga acuan, dana kembali lari dari Indonesia.

"Pada 23-25 Agustus 2016, terjadi capital reversal Rp 6,5 triliun hanya karena ada statement yang kuat dari pejabat The Fed," kata Agus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar