Senin, 21 Agustus 2017

Medali Emas dari Kontes Matematika Dunia, Kado Kinantan untuk Indonesia

Magelang-Kinantan Arya Bagaspati (16) meraih medali emas pada Kontes Matematika dunia (International Mathematics Contest) di Singapura awal Agustus 2017.

Siswa kelas XI SMA Taruna Nusantara Magelang itu bangga mempersembahkan prestasi ini sebagai kado terindah untuk Indonesia pada HUT-72 Kemerdekaan RI tahun ini.

Dalam kontes tersebut, Kinantan menjadi salah satu peserta dari Indonesia yang memperoleh nilai tertinggi. Remaja kelahiran Bandung 12 Mei 2011 itu menyisihkan sekitar 1.000 peserta perwakilan dari 14 negara di seluruh dunia.
"Rasanya senang, bangga, bisa dapat medali emas untuk Indonesia," kata Kinantan di SMA Taruna Nusantara Magelang, Rabu (16/8/2017).

Kinantan bercerita, prestasi ini diraih berawal dari kegemarannya terhadap mata pelajaran Matematika sejak usia kecil.Dia tidak pernah bosan mengerjakan segala macam soal Matematika. Baginya ada kepuasan yang tak bisa diungkapkan ketika sukses menyelesaikan soal dengan baik.

"Awalnya hobi, tapi lama-lama suka dan semakin tertantang mengerjakan soal Matematika, dan puas kalau bisa menjawab soal," ujar putra pasangan Dinar Aryasena (47) dan Dewi Sekarsari (40) asal Kabupaten Purwokerto itu.
Kinatan mendapat dukungan dari orangtua, keluarga dan sekolahnya. Orangtuanya kerap memberinya materi soal-soal matematika hingga mendatangkan guru les. Maka tak heran pula jika Kinantan kerap menjuarai berbagai kompetisi Matematika, baik lokal maupun internasional sejak sekolah dasar, seprti di lansir kompas.

Misalnya saja, di Taiwan International Mathematics Competition (TIMC) 2011, India International Mathematics and Science (IIMS) 2012, Bulgaria International Mathematics Competition (BIMC) 2013.International Competition of Mathematics Union 2014 di Singapura, Korea International Mathematics Competition (KIMC) 2014, dan terakhir meraih medali emas di International Mathematics Olympiad (IMO) 2017 di Brazil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar