Sabtu, 24 Agustus 2019

Yuk Kenali Beberapa Tipe Kain Sifon untuk Menambah Pilihanmu!


Kain sifon adalah jenis kain yang sangat halus dan tipis. Jika kamu memiliki baju yang tipis dan menerawang namun kainnya halus maka pakaian tersebut menggunakan kain sifon. Kain ini memang menjadi pilihan banyak wanita maupun ibu-ibu untuk membuat pakaian terutama dress. Kain ini sangat bagus karena kesannya jatuh dan anggun. Namun kain ini hanya dapat dipakai sebagai layer luar. Sedangkan yang dala tetap harus menggunakan kain yang tidak menerawang.



Selain digunakan sebagai dress, kain ini juga biasa digunakan sebagai jilbab. Namun satu hal yang pasti, kain ini termasuk susah dibentuk sehingga biasanya bertahan pada bentuk semula. Cukup sulit digunakan sebagai jilbab namun tetap apik jika ditata dengan benar. Nah buat kamu yang tertarik untuk membuat baju kondangan ataupun dress untuk acara-acara tertentu, kamu harus banget buat mengetahui jenis-jenis kainnya sebagai berikut :

Sifon Alami
Sama seperti namanya, berarti jenis kain ini terbuat dari bahan dan serat alami. Kamu dapat menggunakannya sebagai bahan dasar dalam membuat pakaian. Seratnya jauh lebih lembut karena terbuat dari bahan alami. Namun untuk masalah harga, jelas kain ini memiliki harga yang jauh lebih mahal. Sifon alami sendiri masih dibagi kedalam beberapa pembagian berikut ini :

  1. Silk Chiffon
Sifon sutra ini terbuat dari kepompong ulat sutra yang sudah diproses menjadi kain. Jenis ini adalah yang paling tua karena telah dibuat pertama kali sekitar abad ke 18. Kamu bisa menggunakannya untuk berbagai jenis pakaian mulai dari pakaian pengantin, dress, ataupun gamis. Tentu harganya paling mahal dibandingkan dengan jenis kain yang lain. Namun kainnya lembut dan tentunya indah sekali untuk dipadankan dengan berbagai kain lainnya.

Namun kamu juga perlu tahu salah satu kekurangan dari kain ini adalah bahannya yang sangat lembut dan membuatnya cepat robek. Maka ketiak pakaianmu menggunakan sifon sutra kamu tidak boleh mencucinya dengan mesin cuci. Harus menggunakan tangan dengan sangat berhati-hati

  1. Cotton Chiffon
Kain jenis ini memiliki tekstur yang jauh lebih empuk dibandingkan dengan sutra. Sifon katun ini memiliki daya serap yang tinggi. Sehingga nyaman untuk digunakan karena menyerap keringat. Kamu bisa lebih mudah membentuk sesuai keinginan bajumu jika memilih sifon katun. Cocok digunakan sebagai gamis dan juga jilbab ya. Bagaimana? Apakah kamu tertarik memilih kain sifon katun ini?

Sifon Sintetis
Berkebalikan dengan sifon alami, sifon sintesis adalah jenis kain yang seratnya dibuat oleh manusia melalui proses tertentu di pabrik. Tidak seperti sifon alami yang bahannya terbatas, sifon sintesis bahannya selalu diproduksi oleh pabrik. Maka harga jualnya juga jauh lebih murah dibandingkan dengan yang alami. Berikut beberapa jenisnya :

  1. Sifon Nylon
Sifon dari serat nilon ini memiliki tekstur yang lembut, tipis, dan ketika digunakan tetap memberikan kesan jatuh. Kelebihannya adalah harganya yang lebih murah serta awet dan memiliki daya tahan yang bagus. Kamu bisa menjadikannya sebagai layer luar, baju yang ingin kamu buat.

  1. Sifon Polyester
Jenis kain ini lebih lembut bila dibandingkan dengan nylon. Bahkan tidak kalah lembut dibandingkan dengan sutra. Namun daya tahan dan perawatannya tentu lebih unggul polyester dibandingkan sutra. Namun warna yang ditawarkan oleh jenis polyester ini hanya terbatas dan cenderung susah untuk dipadukan dengan warna yang lain.

  1. Sifon Rayon
Kain ini bisa dibilang semi sintetis karena bahan utamanya berasal dari tumbuhan. Kamu bisa memilih kain ini jika menginginkan yang lebih lembut namun dengan harga yang terjangkau. Dibandingkan dengan kain sifon sintetis lainnya kain inilah yang paling lembut. Walaupun masih dibawah sifon sutra dan juga sifon katun.

Demikianlah beberapa jenis kain sifon yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar