Selasa, 29 Oktober 2019

Mengenal Lebih Dekat Sejarah Perusahaan Raksasa Unilever di Indonesia


Tentunya anda sudah tidak asing dengan produk unilever. Coba cek produk rumah tangga di rumah anda, pasti minimal ada satu produk buatan unilever. Perusahaan ini sudah cukup lama masuk ke pasaran indonesia. meluncurkan berbagai jenis produk rumah tangga dengan kualitas terbaik. Tidak hanya dipasarkan di indonesia, tapi juga di 190 negara lainnya. untuk lebih jelasnya kita akan membahas tentang sejarah dan semua hal tentang perusahaan raksasa ini.

Sejarah Perusahaan Unilever
Unilever merupakan perusahaan gabungan belanda dengan inggris, yang fokus memproduksi produk home care dan personal. Pemasaran produknya sudah tersebar ke 190 negara di seluruh dunia. ada beberapa produk unilever yang popular di Indonesia. seperti lux, pepsodent, dove, lifebouy, rexona, clear dan masih banyak lainnya. tentunya anda tidak asing dengan semua merk tersebut atau anda sudah menggunakannya sehari-hari.
Unilever memulai produksinya sekitar tahun 1885. Dirikan oleh dua saudara wiliam hesketh lever dan james. Awalnya mereka hanya menjadi pedagang grosir, kemudian membuat pabrik kecil untuk memproduksi saun dari lemak daging sapi dan domba. Bisnis mereka semakin meningkat tajam dan memperkenalkan kampanye tangan bersih. Hal ini dilakukan untuk mengajak masyarakat inggris cuci tangan sebelum dan setelah makan.
Di indonesia perusahaan ini lahir pada tanggal 5 desember 1993. Waktu yang belum begitu lama, namun sampai sekarang sudah banyak produk unilever yang dipasarkan di Indonesia. bahkan menjadi salah satu perusahaan raksasa yang memproduksi produk home and personal care, es krim dan berbagai makanan minuman.
Strategis Bisnis dan Logo Unilever
Jika belajar strategis bisnis,kita bisa belajar dari unilever. Mereka memiliki strategi yang bagus untuk menghadapi persaingan produk di pasaran. Hal ini dibuktikan dengan produknya yang bertahan hingga lama. Salah satu cara yang dilakukan dengan menjaga harga produk tetap rendah. Hampir semua produk unilever memiliki harga terjangkau di pasaran dan memenuhi semua permintaan pelanggan.
Selain itu unilever selalu fokus dengan peluang pasar. Mereka memproduksi barang yang memang dibutuhkan masyarakat. Promosi yang dilakukan juga sangat bagus. Salah satunya pada produk pepsodent, yang menjadi salah satu produk pasta gigi yang paling popular di Indonesia. dari kalangan menengah ke bawah hingga menengah ke atas, pasti familiar dengan brand tersebut,
Unilever juga memiliki logo yang khas. Berbentuk huruf U yang terdiri dari berbagai unsur. Logo unilever memiliki arti dari sebuah komitmen yang membuat kehidupan lebih baik. didalam logo tersebut dimasukan berbagai unsur. Seperti tumbuhan, matahari, mangkuk, wadah penyimpanan, air atau tetesan dan es krim. Semua unsur tersebut mengekspresikan visual dari komitmen yang dilakukan perusahaan raksasa ini.
Kepemimpinan Perusahaan Unilever
Sistem kepemimpinan di perusahaan unilever adalah kepemimpinan R&D. mereka menjadikan teknologi dan ilmu pengetahuan sebagai tulang punggung perusahaan. Mereka akan selalu berinovasi dan mengikuti perkembangan teknologi untuk membuat produk yang berkualitas. Supaya strategis perusahaan berjalan lancar, mereka menggunakan bantuan pakar teknologi dan ilmuwan.
Saat ini sudah ada 6000 organisasi ahli R&D yang bekerjasama dengan unilever. Mereka bisa mendapatkan 300 aplikasi hak paten setiap tahunnya. Dengan begitu unilever bisa menjadi perusahaan raksasa yang berkembang dengan baik. memahami kebutuhan pasaran dan menyesuaikan dengan teknologi yang berkembang. Sehingga unilever akan selalu diterima oleh masyarakat.
Unilever akan terus memproduksi produk baru yang berkualitas. Dan memberikan inovasi pada sebuah produknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar