Jumat, 14 Februari 2020

Tips & Cara Mencar Ilmu Dengan Efektif

Tips berguru dengan efektif - Secara umum berguru bukan hanya dalam bidang pendidikan formal saja, secara menyeluruh berguru merupakan hal vital. Hidup yaitu pembelajaran, dan bagi mereka yang mau berhasil dan sukses dalam bidang apapun dalam hidup maka jangan pernah untuk berhenti untuk berguru dalam bidang apapun itu. Seperti yang telah kita sadari bahwa tidak ada insan yang tepat didunia ini, nah kalau kita sadar bahwa kita sebagai insan yang tidak tepat maka selayaknya bagi kita untuk terus berguru dalam hidup ini.

Kali ini saya akan share perihal tip berguru dengan efektif tidak terkecuali untuk mempelajari sebuah mata pelajaran, mata kuliah maupun pelajaran non formal dengan cara yang efektif, gampang dipahami dan terserap dalam otak anda sehingga anda bisa mengetahui segala hal dengan cepat dan tanggap.

 Secara umum berguru bukan hanya dalam bidang pendidikan formal saja Tips & Cara Belajar Dengan Efektif
Belajar. Img credit: Pixabay.com

Efektif Belajar

Kondisi pikiran 
Banyak yang berguru kalau suasana sedang mood sehingga mereka sangat bersemangat namun kalau tidak sedang mood maka mereka enggan belajar. Maka biasakan tanamkan dalam diri anda bahwa berguru yaitu hal yang sangat penting dalam kehidupan anda sehingga kondisi apapun itu anda tetap bersemangat untuk tetap belajar.

Belajar kapan & dimana saja
Belajar tidak harus didalam kamar, harus malam atau harus ini atau harus dimana hal itu hanya akan menjadikan kebosanan. Untuk itu belajarlah dimanapun anda menginginkannya, bisa diluar ruangan, ruang tamu ataupun dimana saja anda menginginkannya maka hal itu akan meningkatkan mood anda untuk belajar. hanya sebagai saran saja berdasarkan beberapa penlitian bahwa berguru ketika kita bangkit tidur lebih efektif terserap pikiran alasannya kita belum beraktifitas dan memikirkan apapun sehingga otak kita masih fresh dan gampang menangkap pelajaran.

Hilangkan kebiasaan berguru hanya ketika akan ujian
Kita secara umum sudah ter keyakinan bahwa kita harus berguru sungguh sungguh alasannya besok akan ujian, nah keyakinan inilah yang menjadikan berguru hanya ketika saat tertentu saja, hal ini tentu saja tidak efektif alasannya pelajaran yang kita pelajari ketika akan ujian hanya bersifat temporary saja dalam otak kita, sehingga kita hanya ingat pelajaran itu ketika ujian itu berlangsung namun setelah itu kita akan lupa lagi pelajaran yang telah kita pelajari. Jika kita berguru setiap hari maka ingatan itu akan lebih kuat.

Continue
Pelajaran akan lebih efektif kalau kita berguru 20 menit perhari namun dilakukan secara continue dan terus menerus setiap hari daripada kita harus berguru 2 jam atau sehari penuh.

Buat suasana lingkungan berguru nyaman
Jika hal hal yang kita lakukan dalam lingkungan nyaman tentu saja yang kita lakukan akan efektif. Hal itu bisa juga anda terapkan ketika anda berguru ibarat dengan memakai wewangian dilingkungan berguru anda, jauh dari kebisingan atau bunyi berisik, diiringi musik slow dll. Hal itu selain menciptakan anda merasa nyaman tentu saja juga akan meningkatkan motivasi anda untuk belajar.

Berdikusi
Berdiskusi atau berguru kelompok merupakan hal yang sangat efektif dalam belajar, alasannya dengan berdiskusi kita bisa saling bertukar pikiran, menuntaskan soal yang dianggap sulit, memecahkan problem bersama sama dan tentunya berlatih bertanya jawab suatu pelajaran sehingga anda gampang memahami pelajaran tersebut.

Bukan hanya menghafal
nah ini ia yang sering dilakukan ketika berguru yaitu hanya untuk menghafal, mungkin anda bisa menjawab soal pelajaran perihal suatu soal seputar hal yang anda pelajari saja tetapi bagaimana kalau anda diberi pertanyaan yang terkait namun sedikit mengalami perubahan pertanyaan, tentu saja anda akan resah menjawabnya alasannya yang anda hafal bukan soal ibarat itu. Belajar yang efektif bukan hanya menghafal saja namun terlebih untuk metode daypikir yang lebih luas, sehingga anda bisa memahami suatu hal. Ingat bahwa semua pelajaran tidak ibarat matematika yang mempunyai tanggapan niscaya sebagai pola saja "berapa tanggapan dari soal 1+1" tentu saja anda dengan gampang akan menjawabnya dengan tanggapan 2 namun banyak pelajaran yang membutuhkan tanggapan lebih luas sebagai pola " kenapa 1+1=2" bagaimana anda akan menjawabnya? mustahil kan anda akan menjawabnya "2".

Jangan aib untuk bertanya
Jika ada hal yang tidak anda ketahui maka tanyakanlah dengan segera, dengan begitu anda akan mendapat tanggapan dari hal yang tidak anda ketahui.

Mungkin itu dulu yang sanggup saya sampaikan, kalau ada yang mau menambahkan silahkan berkomentar di form komentar yang telah disediakan. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar