Minggu, 17 Mei 2020

Kuliner Sate Nusantara Terlezat, Telah Coba Semua?

Ada yang katakan Indonesia itu surganya wisata kuliner. Pasalnya lingkup daerah yang demikian luas serta bermacam budaya pasti membuahkan warisan kuliner yang beragam juga.

Serta satu sajian dapat punyai beberapa puluh sampai beberapa ratus macam di beberapa wilayah. Contohnya sambal, soto, serta mi. Dapat jadi tiap kota punyai keunikan dengan resep racikan yang lain di tiap keluarga.



Kesempatan ini kita akan mengulas sate-sate terenak di beberapa wilayah. Mungkin ada yang belum Anda coba.

Kuliner sate nampaknya memang sama dengan Madura. Pedagangnya juga dapat diketemukan di tiap kota.

Salah satunya sate Madura paling ciri khas ialah sate laler atau sate lalat. Makanan ini disebutkan demikian sebab potongan daging ayam yang dipakai demikian kecil.

Sate padang dibuat dari potongan tebal daging, lidah, serta dalaman sapi yang diberi bumbu. Lalu dibakar serta diberikan bersama-sama bumbu kental dengan kombinasi tepung beras serta lontong.

Sebetulnya ada tiga tipe racikan sate padang yang populer. Pertama ialah sate darek dari Padang Panjang yang bumbunya berwarna kekuningan. Lalu ada sate padang Pariaman yang bersaus merah serta lebih menguasai pedas. Paling akhir ada sate dangung-dangung yang berwarna kekuningan serta ditambah parutan kelapa.

Bali punyai sate lilit yang dibuat dari daging giling. Bahan yang dipakai dapat sapi, ayam, ikan, atau serta kura-kura. Lombok punyai kuliner sama yang disebutkan sate pusut, tapi bahan bakunya ialah ikan.

Sate klathak dibuat dari daging kambing dengan potongan sangat besar yang dibakar memakai jeruji sepeda. Waktu dibakar bunyinya klathak-klathak. Kemudian diberikan bersama-sama sepiring kuah encer berlemak untuk bumbu siraman.

Wilayah Manado punyai sate ciri khas, namanya sate ragey. Umumnya dibikin dari daging babi serta memakai bumbu yang kaya rempah. Potongan dagingnya juga sangat besar.

Sebetulnya ada dua tipe sate maranggi. Satunya datang dari Purwakarta, sesaat lainnya dari Medan. Tetapi sate maranggi dari Purwakarta makin terkenal di golongan penggemar kuliner tanah air.

Sate dengan bahan penting daging sapi atau kambing ini diberikan secara cukup unik, yakni dengan acar sambal tomat, sambal oncom, ketan bakar, atau nasi timbel.

Wilayah Sidoarjo adalah salah satunya pemroduksi kupang serta kerang, jadi jangan bingung jika Anda mendapatkan pedagang kupang lontong berjejer di tepi jalan. Salah satunya sajian pelengkapnya yang tidak dapat dibiarkan ialah sate kerang. Umumnya sate kerang memiliki ukuran kecil serta diberi bumbu kecap. Tusuk sate yang dipakai juga hanya ijuk.

Jika Yogyakarta punyai sate klathak, karena itu Solo punyai sate buntel yang tidak kalah mengundang selera. Sate ini dibuat dari cincangan daging kambing yang dibungkus lemak. Ukurannya yang besar membuat sate ini dipasarkan per tusuk, bukan per sepuluh biji seperti sate yang lain.

Selain itu, dari Pemalang ada sate loso yang ternyata dipopulerkan oleh Pak Loso. Setelah itu racikan sate ini menjadi terkenal serta ditingkatkan beberapa pedagang lain di Pemalang.

Sate loso dibuat dari daging sapi atau kerbau yang dibacem, lalu dibakar serta diberikan bersama-sama bumbu kacang pekat berwarna kemerahan.

Bila Anda bertandang ke Ponorogo, disana ada wilayah Nologaten yang populer untuk kampungnya pedagang sate Ponorogo. Sate Ponorogo sendiri dibuat dari daging ayam yang dipotong tipis memanjang, lalu dililitkan pada tusukan.

Wilayah Ambal adalah kampung halaman sate ambal yang menjadi kuliner ciri khas Kebumen. Satenya dibikin dari daging ayam serta diberikan bersama-sama bumbu berwarna pucat memiliki bahan tempe rebus yang ditumbuk. Unik, ya?

Tambak ialah nama satu kecamatan di Banyumas. Banyak pedagang sate bebek disana. Sate bebek ciri khas Tambak yang lembut, berbumbu manis, serta diberikan bersama-sama timun dan tomat memang ciri khas. Ditambah lagi jika disantap bersama-sama gulai bebek yang umumnya ada juga di menu.

Yogyakarta serta Solo saling punyai kuliner yang namanya sate kere. Kekeduanya berarti sate miskin, sebab memakai beberapa bahan yang dapat dibeli warga kelas ekonomi menengah ke bawah.

Sate kere dari Yogya umumnya dibikin dari gajih (lemak) sapi, tetelan, serta dalaman. Sesaat sate kere Solo dibuat dari dalaman serta tempe gembus.

Sate bekicot dari Kediri wajar dicoba. Walau dibuat dari siput, ditanggung dagingnya tidak berlendir. Daging bekicot sendiri sebetulnya condong makin kesat. Berasa enak dengan bumbu kecap yang cukup pedas.

Wilayah dataran tinggi yang dekat sama peternakan kelinci seperti Bandung, Sarangan (Magetan), Bandungan (Semarang), Kaliurang, serta Batu (Malang) umumnya punyai banyak warung yang sediakan sate kelinci. Konon dagingnya lembut seperti ayam.

Selain itu, Surabaya punyai sate klopo yang legendaris. Sebetulnya sate klopo tidak jauh tidak sama dari sate ayam biasanya. Pembedanya ialah taburan kelapa parut yang turut dibakar bersama-sama sate.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar